Istilah Telekomunikasi FXO (Foreign eXchange Office)

Selamat datang di Type Approval, pada postingan saya sebelumnya, saya menulis artikel tentang Istilah Telekomunikasi dB (desibel), dan kali ini saya akan menulis artikel tentang Istilah Telekomunikasi FXO (Foreign eXchange Office), selamat membacanya.

Teknologi semakin terus berkembang, terutama teknologi perangkat telekomunikasi. Modul gateway FXO yang ada sekarang adalah modul dari Digium, yaitu X100M (1-port) dan X400M (4-port). FXO merupakan VoIP gateway jamaknya berfungsi menjembatani jaringan VoIP dengan jaringan PSTN dan POTS . Komponen utama pembangun modul gateway FXO dan selanjutnya akan disebut modul adalah Silabs DAA system-side. Jenis Si3050 dan DAA line-side Si3019 disediakanoleh Silabs dengan skematik dan rekomendasi layout. Konsep pengembangan yang digunakan adalah dengan mengikuti skematik dan rekomendasi layout yang disediakan oleh Silabs ini. Pin interface dirancang kompatible dengan pin modul Digium, yaitu X100M dan X400M, sehingga modul yang dirancang dapat langsung digunakan sebagai pengganti modul Digium di board PCI TDM410P atau TDM800P. Komponen diprioritaskan menggunakan komponen lokal, sehingga mempunyai kemungkinan penekanan COGS terkait dengan volume, bea impor dan delivery. Impor komponen juga diusahakan lewat satu sourcer (yaitu mouser).

Selanjutnya nama produk yang dikembangkan adalah XC100M (modul FXO 1-port) dan XC400M (modul FXO 4-port). Sisipan ‘C’ berarti ‘Clarisense’. Tujuan pengembangan prodak adalah Membuat prototipe produk XC100M dan XC400M dan Mengembangkan proses produksi untuk menghasilkan produk dengan harga termurah dan yield yang tinggi > 98%.


Fitur unggulan yang ditawarkan oleh modul yang dikembangkan adalah
:

  1. Kompatibel dengan board TDM410P dan TDM800P
  2. Dapat melakukan call initiation: memulai panggilan dan mengirimkan DTMF
  3. Dapat melakukan call reception: mendeteksi tegangan ring
  4. Dapat melakukan call clearing: mendeteksi kondisi on-hook jika end-party memutuskan hubungan
  5. Kualitas suara yang jernih dengan skor PESQ di atas 3.5
  6. CID generation and reception
  7. Billing tone detection
  8. Dapat melalukan data fax

Melihat bahwa saat ini terdapat kebutuhan untuk membangun jaringan telepon yang bisa menghemat biaya atau tarif telepon, terutama di perkantoran dan SOHO. Solusi yang bisa ditawarkan adalah dengan menggunakan sistem VoIP yang terintegrasi dengan beberapa jalur PSTN menggunakan gateway. Gateway inilah yang bisa disupplai. Dengan gateway FXO ini, solusi ‘least cost routing’ (yaitu routing panggilan ke jalur termurah) juga bisa dilakukan dengan cara mengkombinasikan VoIP, PSTN, dan jaringan selular.

Saya informasikan kepada pembaca, jika anda membeli perangkat telekomunikasi, sebaiknya yang sudah di sertifikasi atau sudah mendapatkan sertifikat resmi dari postel, untuk menjaga agar anda tidak terlibat dengan pihak yang berwajib, dan perangkat yang sudah disertifikasi tentunya sudah teruji di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi sehingga mutu dan kualitas perangkat terjamin.

Bagi para distributor atau importir khususnya, jika anda kebingungan atau tidak punya waktu untuk mengurus proses sertifikasi perangkat telekomunikasinya, perusahaan kami bergerak dibidang Type Approval Certification siap membantu sampai sertifikat yang diinginkan tebit secara resmi dari postel, semoga bermanfaat…

0 Response to "Istilah Telekomunikasi FXO (Foreign eXchange Office)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel