Ekosistem Laut Dan Pantai

Ekosistem laut dan pantai di pulau yang berada dalam gugusan Spermonde dalam kondisi memprihatinkan. Terumbu karang yang menjadi tempat berkembang biak ikan nyaris hancur oleh pelaku pengeboman ikan. Sementara, kawasan pantai mengalami kerusakan akibat abrasi. Karena itu, sejumlah penggiat lingkungan di Makassar menggagas Forum Peduli Spermonde (FPM) yang diresmikan di Pulau Kodingareng Keke, Kecamatan Ujung Tanah, kemarin. Deklarasi ini dilanjutkan dengan, penyuluhan kesadaran penyelamatan ekosistem laut, pelatihan selam, dan pembuatan karang buatan.

Ketua FPM Andi Ilhamsyah Mattalatta mengemukakan, kerusakan ekosistem laut dan pantai di kepulauan Spermonde telah mencapai tahap memprihatinkan. Jika tidak segera ditangani, maka pulau-pulau ini lambat laut akan lenyap tersapu ombak. “Inilah yang menjadi dasar terbentuknya forum ini. Kami mengajak berbagai kalangan mulai dari LSM lingkungan,forum fotografi, klub selam, pengusaha dan seniman.Kami juga berharap pemkot dapat berperan aktif untuk suksesnya forum ini,” katanya, kemarin.

Dia mengemukakan,keberadaan FPM akan menjadi embrio dalam menyelamatkan ekosistem laut. FPM diharapkan hadir untuk menggugah semua pihak agar lebih peduli akan kelestarian kepulauan Spermonde yang terbentang dilepas pantai Kabupaten Takalar hingga Pangkep. Sementara,Wali Kota Ilham Arief Sirajuddin menyampaikan keprihatinan atas kelestarian alam yang sudah mengancam keselamatan warga di kepulauan Spermonde. Dia mengemukakan, itu adalah kewajiban bagi pemkot untuk melakukan upaya pencegahan dan perbaikan ekosistem.

“Upaya pemerintah kota untuk menjaga ekosistem laut telah kami lakukan dengan membangun sarana dan prasarana, khususnya tanggul dan pemecah ombak untuk mencegah pengikisan daratan. Namun kami menyadari APBD kota sangat terbatas, sehingga kami masih sangat memerlukan bantuan dana dari pusat,” ujarnya. Ilham mengemukakan, keberadaan FPM diharapkan hadir dengan kajian mendalam, dan mencari solusi penyelamatan keberlangsungan ekosistem laut dan pantai.

0 Response to "Ekosistem Laut Dan Pantai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel